Definisi Pemanasan Global

Pemanasan Global (Sumber: http://lingkunganhidup.co)

Pemanasan Global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi akibat semakin meningkatnya gas rumah kaca.

Gas rumah kaca adalah gas-gas yang ada di atmosfer yang menyebabkan adanya efek rumah kaca. Gas-gas tersebut adalah:
  1. Karbon dioksida (CO2) yang bersumber dari bahan bakar fosil, limbah, penggunaan alat-alat listrik, transportasi, penggunaan lahan dan industri.
  2. Metana (CH4) adalah gas alami yang timbul akibat pembuatan dan transportasi bahan bakar fosil, batu bara, serta pembusukan sampah organik, limbah pertanian, dan kotoran hewan ternak.
  3. Dinitrogen Oksida (N2O), gas ini ditumbulkan dari pembakaran bahan bakar fosil, gas in juga dapat juga ditimbulkan dari penggunaan nitrogen yang berlebihan dalam pertanian seperti untuk pupuk sintetis dan industri.
  4. Gas-gas Florin (HFC, PFC, SF6). HFC (Hydroflourocarbon) digunakan sebagai penggantin gas, CFC yang dinilai dapat merusak ozon sering dipakai pada mesin pendingin, PFC (Perlflourocarbon) dihasilkan dari pembuatan aluminium dan semikonduktor. Sedangkan SF6 (Sulfurhesaflorida) digunakan dalam berbagai peralatan transmisi tenaga listrik.

No comments:

Post a Comment