Definisi Pendekatan Rasional

Pendekatan rasional merupakan suatu cara untuk mencari tahu sesuatu pengetahuan yang baru dengan anggapan bahwa segala sesuatu yang ingin diketahui itu ada didalam pikiram manusia (internal wisdom). Dengan kata lain, pendekatan rasional ini adalah bahwa ilmu pegetahuan dimulai dari suatu gagasan atau pikiran yang didasarkan atas kebijaksanaan yang dimiliki oleh seseorang.

Pendekatan rasional ini digunakan oleh Aristoteles. Akan tetapi kemudian pendekatan ilmu pengetahuan ini dianggap tidak layak dan disanggah oleh beberapa ahli pada waktu itu, diantaranya adalah Fancois Bacon.

Kelemahan  atau ketidakmampuan pendekatan rasional dapat digambarkan ilustrasi sebagai berikut ini.  Untuk memecahkan masalah atau mencari tahu sesuatu yang menyangkut berapa jumlah gigi yang ada di mulut seekor kuda. Berapa jumlah gigi yang ada di mulut seekor kuda tidak bisa ditemui pada pikiran ataupun gagasan. Cara yang terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan membuka mulut kuda dan menghitung berapa jumlah gigi kuda tersebut dan bukan dengan berfikir.


No comments:

Post a Comment