Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Adam Smith

Adam Smith (1723-1790), Bapak Ekonomi Klasik

Adam Smith memberikan definisi ilmu ekonomi adalah ilmu kekayaan atau ilmu khusus yang mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian  secara khusus terhadap sebab-sebab material dari kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya.

Tanggapan:
Definisi ini sebenarnya merupakan definisi yang tidak menyeluruh. Hal itu disebabkan pemusatanya pada sebab-sebab materila dari kemakmuran yang berarti mengeluarkan berbagai kegiatan manusia dari sudut pandang ilmu ekonomi, seperti pengabdian, pengajaran dan kesehatan. Jenis pengabdian ini tidak ada andilnya dalam merealisasikan bertambahnya kemakmuran material. Meskipun demikian, tak dapat dipungkiri bahwa pengabdian tersebut mempunyai jaminan dan keuntungan ekonomis.

Sehubungan dengan kerangka tersebut, maka definisi ekonomi berhubungan dengan ilmu kekayaan memalingkan pandangan dari ilmu ekonomi, yaitu manusia yang mempunyai kemauan dan produksi itu sendiri tidak akan sempurna bila dihasilkan oleh manusia untuk manusia.

No comments:

Post a Comment