Definisi Masturbasi dan Onani

Masturbasi adalah aktivitas seksual yang dilakukan seseorang guna mendapatkan kepuasan seksual dengan cara merangsang area sensitif atau organ intimnya dengan tangan sendiri. Sama halnya dengan penetrasi seksual, masturbasi biasanya dilakukan sampai dirinya mencapai orgasme yang ditandai dengan ejakulasi.

Pria onani biasanya memusatkan rangsangannya pada penis, buah zakar, maupun anus. Sementara rangsangan selama masturbasi pada wanita lebih ditujukan pada payudara, klitoris, dan vagina.

Umumnya masturbasi dilakukan seorang diri. Namun, pada kasus lain, seseorang akan melakukan masturbasi bersama dengan pasangan seksualnya. Bermasturbasi bersama orang lain bisa berarti
Anda merangsang area sensitif Anda sendiri berbarengan dengan pasangan Anda yang juga merangsang area sensitifnya sendiri. Bisa juga berarti Anda dan pasangan memberikan rangsangan bagi satu sama lain.

Ada berbagai alasan seseorang lebih memilih seks solo daripada berpasangan. Alasan yang paling populer adalah, dengan bermasturbasi Anda jadi dapat mengetahui jenis rangsangan apa yang paling Anda nikmati dan bisa mengantarkan Anda mencapai klimaks. Masturbasi pada wanita kadang dilakukan sebagai pengganti seks penetratif karena kebanyakan wanita tidak bisa mencapai orgasme yang diinginkan hanya lewat penetrasi penis. Pasalnya, onani juga dapat membantu Anda berkreasi dan memodifikasi rangsangan seksual serta seberapa intens “kekuatan” rangsangan itu untuk bisa menggapai kepuasan tersendiri.

Beberapa orang bermasturbasi untuk meluapkan gairah seksual yang telah dipendam. Misalnya karena sedang jomblo dan tidak memiliki pasangan seksual, atau dirinya sedang tidak bisa bercinta dengan pasangannya atas alasan tertentu. Namun, bahkan para pasangan yang kehidupan seksualnya panas membara sekalipun masih tetap melakukan masturbasi, baik seorang diri maupun bersama-sama. Pada beberapa kasus, masturbasi bersama dilakukan sebagai aktivitas seksual alternatif untuk mencegah kehamilan.

Selain untuk mendapatkan atau melampiaskan gairah seksual, masturbasi juga bisa dilakukan seseorang dengan tujuan mengenal tubuhnya sendiri. Biasanya hal ini dilakukan oleh anak-anak ABG yang baru membangun kesadaran soal bagian-bagian tubuhnya dan sensasi yang dihasilkan setiap bagian tubuh.

sumber: tirto.id

No comments:

Post a Comment